• header1.jpg
  • header2.jpg
  • header3.jpg
  • header4.jpg
  • header5.jpg

You are here:

TIANG PENYANGGA PENANGKAL PETIR

Ujung Penangkal Petir perlu batang Penegak / Tiang penyangga agar berposisi lebih tinggi dari sekitarnya bermanfaat memfokuskan sambaran petir kedalam satu titik tuju. Hal ini pada akhirnya akan mengurangi efek sambaran liar yang timbul. Terdapat beberapa jenis konstruksi yang bisa digunakan antara lain :

  1. Tiang Mono Pole Penangkal Petir
  2. Tiang Penangkal Petir Triangle

1. TIANG MONO POLE PENANGKAL PETIR

Tiang Monopol Penangkal PetirTiang Mono Pole atau Tiang Tunggal Penangkal Petir bisa digunakan sebagai pilihan konstruksi tiang penyangga Penangkal Petir, bentuk dari Konstruksi ini sangat ideal untuk pengamanan daerah yang berkontur (berbukit) atau ber areal luas. Misal lapangan Golf, Areal Pertambangan, Perkebunan dan Persawahan atau pla tempat yang membutuhkan penetrallan samabaran petir yakni Klik Disini Untuk Baca Selengkapnya

 

2. TIANG PENANGKAL PETIR TRIANGLE

Tiang Penangkal Petir Triangle adalah Jenis menara yang dirancang ringan, lentur dan bongkar pasang (Knock down) dengan sifat konstruksi semi permanen dengan usia layak pakai dari menara ini relatif panjang, kisaran 10 tahun dan bisa lebih tergantung dari perawatanny. Kelebihan dari jenis menara triangle ini adalah murah dan cepat pemasangannya, dan kekurangannya adalah Klik Disini Untuk Baca Selengkapnya

 

TIANG PENYANGGA

1.Tiang Penyangga Penangkal Petir

Setiap instalasi penangkal petir selalu membutuhkan tiang penyangga , berfungsi menaikkan di tinggi ideal sebuah unit Terminal Penerima petir agar didapatkan posisi lapang dan terbuka agar mendapatkan radius perlindungan yang optimal.

Fungsi Tiang Penyangga

 


Tiang / penyangga ini adalah batang penegak yang berfungsi sebagai media menempatkan dan menaikkan posisi head terminal penangkal petir agar mendapatkan level yang tinggi , sedangkan level ketinggian penangkal petir sangat berarti untuk mendapatkan radius proteksi yang lebih besar. Semakin tinggi posisi maka secara otomatis kemampuan proteksi terhadap sambaran petir semakin besar, meskipun dari head terminal elektrostatik yang dipasang juga mempunyai spesifikasi radius proteksi perlindungan yang optimum.

Material yang digunakan

 


Material yang dapat digunakan besi atau pun stailesteel bisa berbentuk  Pipa , Pipa Hexagon , atau kerangka batang. Sangat tergantung dari kebutuhan kontruksi dibangunan tersebut. Pemanfaatan ganda dari sebuah tiang penyangga penangkal petir juga bisa dilakukan semisal juga digunakan sebagai Antena komunikasi , bisa juga asal mengikuti standart teknis pemasanga penangkal petir.

Bentuk yang ideal
Ada banyak macam jenis model dan bentuk kontruksi untuk tiang penyangga penangkal petir diantaranya :

  1. Tiang Penyangga diatas bangunan berdak beton
  2. Tiang penyangga penangkal petir di atas bangunan

Kontruksi Tiang Penyangga Penangkal Petir
Bila kita memiliki bagian ujung bangunan yang datar / berDak beton gunakan model standart tiang seperti ini , berbentuk Tiang Pipa yang tegaknya ditopang rangkaian sling (kawat sling) untuk menegakkannya.

Kontruksi tiang Monopole
Jenis kontruksi ini diperuntukkan agar letak penangkal petir berada di posisi Ideal Area / lahan dan tanpa melibatkan struktur bangunan untuk berdiri tegaknya . Tiang Penyangga Tiang Tunggal sangat cocok untuk pengamanan area Hight Explosife atau area Terbuka yang lain ( golf , Kebun )

Tiang Triangle
Batang batang besi ringan dan kecil dengan 3 bagian kaki yang di susun dan di las , kemudian di susun tinggi yang sebagai peopang tegaknya triangle ini adalah kawat baja ( sling )

Kerangka Batang atau Tower
Tower merupakan kontruksi besi yang disusun dari batang batang Kremona sehingga menghasilkan kontruksi yang kuat dan kokoh , dimana posisi tumpu dan sambungan dihubungkan dengan Nur dan Baut . karena sifat dari kontruksi ini yang bongkar pasang ( knock Down )

Fungsi Isolator
Bila kita menggunakan sistem penyalur petir kedap yakni tanpa mengikutkan struktur logam bangunan sebagai penguat penghantar petir maka diperlukan tiang penyanga yang bermaterial isolator ( pvc , plastik , Fiberglass ) dengan panjang kisaran 50 cm sampai 2 mtr dengan maksud menjauhkan titik hantam petir dari bodi logam bangunan .
Dengan cara ini pengaruh gelombang elektromagnetis akan bisa sangat dikurangi , teknis dan kontruksi ini di ambil saat kita juga memanfaatkan tiang penangkal petir sebagai antena , pipa isolator ini di kalangan umum dinamakan Conector Sleafe.
Apapun materialnya dan bentuknya yang jelas fungsi utama dari tiang penyangga ini adalah meletakkan lebih tinggi dari semua yang ada di sekitarnya.