• header1.jpg
  • header2.jpg
  • header3.jpg
  • header4.jpg
  • header5.jpg

You are here:

Harga Penangkal Petir

Biaya Pemasangan Penangkal Petir

Sebelum berbicara harga, sangat penting untuk memperhatikan seberapa mendesak kebutuhan penangkal petir itu sendiri. Maka pertimbangannya adalah:

 

1. tingkat kepadatan

Apakah lokasi pada tingkat kepadatan yang kecil/rendah, atau senada dengan ini adalah bangunan dengan ketinggian yang sendirian.

 

2. rawan petir

Apakah lokasi benar-benar rawan petir atau langganan petir.

Jika lokasi ada pada kriteria di atas maka berikutnya baru berbicara harga dari penangkal petir.

Sebetulnya menyinggung harga sebuah penangkal petir tentu akan bijak jika dibandingkan dengan akibat apabila tidak ada penangkal petir yang terpasang. Sudah tentu melihat kerugian yang timbul dari sambaran petir, berapapun harganya rasanya jauh sangat murah.

 

Lalu apa saja yang mempengaruhi harga penangkal petir :

1. Ujung penangkal petir (Head Terminal)

Ujung terminal (Head) ini merupakan bagian paling ujung pada puncak ketinggian dari sistem penangkal petir yang berfungsi menangkap aliaran listrik di udara yang berasal dari petir kemudian dialirkan melalui kabel penghantar menuju grounding. Head ini terdiri dari head radius dan konvensional.

 

2. Kabel Penghantar

Kabel  ini bagian dari sistem penangkal petir yang berupa kabel tembaga yang umumnya berjenis kabel kabel NYY yang sering digunakan dalam instalasi penangkal petir adalah ukuran penampang 70 mm dan 50 mm. Sebagaimana diketahui standarisasi untuk ukuran penampang kabel penghantar penurunan adalah minimal 50 mm, sehingga untuk pemilihannya disesuaikan dengan kebutuhan dan juga memperhatikan faktor biaya. Atau kebel lainya seperti kabel NYA, COAXCIAL, BC, atau Cooper Rod.

 

3. Grounding

Grounding merupakan istilah dalam kelistrikan, yang berrati pembumian yang berfungsi menghidari bahaya dari tegangan tinngi dalam kaitan ini adalah tegangan tinggi dari petir, 

Selebihnya itu hal yang mempengaruhi harga adalah kondisi lapangan yang melingkupi letak posisi instalasi, tekstur tanah yang variasi kadar air, kadar garam, tanah babatuan, tanah liat yang kesemuanya untuk memperoleh nilai tahanan atau resistensi yang standar yaitu 5 Ohm

Ijin Desnaker

Pemerikasaan instalasi akan memastikan kelayakan dari sebuah instalasi penangkal petir yang terpasang. Setiap instalasi Penangkal Petir sebaiknya diperiksa setiap setahun sekali yang dilakukan menjelang musim penghujan (Internal Cek) , diharapkan selama musim penghujan instalasi yang telah terpasang dapat berfungsi dengan baik sehingga bangunan akan aman dan terlindungi serta terhindar dari bahaya sambaran petir.

Setiap instalasi Penangkal Petir sebaiknya diperiksa setiap setahun sekali secara mandiri oleh teknisi ( internal cek ) dan Pemeriksaan yang mendapatkan sertifikasi disnaker tiap dua tahun sekali

Sebagaimana peraturan pemerintah RI NO. :PER. 02/MEN/1989 TENTANG PENGAWASAN INSTALASI PENYALUR PETIR maka pemeriksaan berkala oleh instansi terkait dalam hal ini adalah Disnaker, dilakukan setiap 2 tahun, hal ini dapat terwujud apabila pihak Swasta/Instansi sadar perlunya keselamatan baik itu pada gedung dan isinya  maupun keselamatan bagi karyawan yang ada disekitar tempat kerja.

Kami sebagai Pihak Ketiga/Swasta menawarkan jasa akan keperluaan 2 hal tersebut :

1.Pemeriksaan berkala tahunan / Internal Cek

Bahwa pemerikasaan instalasi penyalur petir ini akan dilakukan dengan mengikuti standarisasi teknis dan mengikuti aturan yang berlaku , Tujuan akhir dari Internal Cek adalah memberikan kepastian akan kelayakan sebuah instalasi . sehingga dari pihak pemilik bangunan akan benar benar yakin akan fungsi penyalur petir yang terpasang.

2.Pemeriksaan / Sertifikasi Disnaker dan Re-Sertifikasi Disnaker setiap 2 tahun sekali

Sedangkan Sertifikasi Disnaker dan Re-Sertifikasi Disnaker adalah menyertakan pihak Instansi Terkait di daerah tersebut kali ini Disnaker Setempat . Di libatkannya dipak pemerintahan tidak lain karena masih ada keterkaitan akan hasil uji kelayakan ini dengan berbagai kepentingan yang lain ( ISO , Asuransi ).

Beberapa dokumen harus di siapkan bila akan di lakukan ijin pengesahan Disnaker diantaranya PERMOHONAN PENGESAHAN DISNAKER

Lingkup Kerja Pemeriksaan Instalasi

Pemeriksaan instalasi penangkal petir meliputi pemeriksaan yang terdiri dari serangkaian pengujian terhadap sistem penyalur petir yang ada , mulai dari jenis dan fisik material , spesifikasi teknis material , serta teknis pemasangan. Hasil pemeriksaan instalasi penangkal petir berisi data teknis kondisi fisik instalasi penyalur petir, serta hasil spesifikasi teknisnya sesuai standar operasional dan ketentuan yang berlaku.

Rekomendasi perbaikan atau penggantian akan diberikan bila ditemukan kesalahan ataupun potensi ketidaksesuaian , Untuk pelaksanaan perbaikan akan kembali menjadi kebijakan pihak pemilik akan pelaksanaanya.
Proses Pemeriksaan Instalasi Meliputi :

  1. Pemeriksaan data teknis yang ada
  2. Pengamatan visual peralatan dan sistem instalasi penangkal petir (di lokasi).
  3. Pencatatan data lapangan ( di lokasi ).
  4. Perbandingan kesesuaian teknis dengan standar nasional.
  5. Melakukan evaluasi teknis dalam standarisasi yang dipakai
  6. Laporan Hasil Pemeriksaan

Hasil Pelaporan Pemerikasaan Instalasi Penangkal Petir

Hasil laporan pemeriksaan akan disampaikan kepada pelanggan baik lesan atau tulisan . Bila ada temuan kelemah menjadi dasar rekomendasi kami agar dilakukan perbaikan. Perbaikan akan kekurangan dan kelemahan dari instalasi menjadi tanggung jawab penuh pihak pengelola bila tidak di lakukan perbaikan ( Internal Cek ), Tetapi akan berbeda bila pemeriksaan berkala 2 tahunan , bila ditemukan ketidak sesuaian maka dari Pihak Dinas Tenaga Kerja setempat tidak mensetujui kelayakan pakai dari fungsi keselamatan Penyalur Petir .

Sertifikasi Disnaker

Sertifikasi Legal Regulasi akan dilakukan pihak Disnaker dengan menyertakan hasil pelaporan pemeriksaan dan dilengkapi dokumen dokumen pendukung , gambar situasi , detail instalasi dan surat Permohonan Pengesahan . Bila ada ketidak sesuaian maka pihak Instansi terkait ini akan meminta untuk melakukan perbaikan terlebih dahulu .

Lightning Arrester

Lightning Arrester Level 1 merupakan surge arrester yang memiliki kemampuan cukup memadai untuk membelokkan arus petir dari sambaran yang langsung mengenai jaringan listrik daya.

Pemasangan Penangkal Petir saja tidak cukup adakalanya lidah api petir mengenai kabel listrik yang ada disekitar bangunan, dan efeknya bisa lari kemana-mana, prinsipnya akan mencari ground terdekat tetapi disetiap jalur yang dilalui akan terjadi efek kerusakan diperangkat elektronik.

ada baiknya bila sebuah bangunan penting di jalur kabel dayanya dilengkapi arraster level 1

 

FLASHTRAB Arrester Phoenix Contact

VALVETRAB Phoenix Contact

 

 

 

FLASHTRAB Arrester Phoenix Contact

FLASHTRAB Arrester Phoenix Contact adalah perangkat penahan surge petir /tegangan kejut petir atau juga di sebut dengan tegangan paku yang di desain untuk mampu membelokkan arus yang besar diletakkan sisi depan jaringan daya atau di istilahkan arrester tahap 1 / level I.

Secara fungsi arrester ini akan membelokkan tegangan kejut petir dan mengalirkannya menuju ground.

FLT-35-CTRL-0.9                                                              FLT-35-3+1-CTRL-0.9-I

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

FLT-PLUS-CTRL-0.9                                                               FLT-CP-N-PE-350-ST

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

 

 

 

Perletakan arrester di jalur awal (setelah meter pln atau Genset) karena alat ini akan mampu menahan tegangan dan arus kejut yang besar akan tetapi masih ada kemungkinan terlepasnya arus petir (surge). Terlepasnya arus petir ini disebabkan oleh keterbatasan peralatan (komponen) yang ditanam di FLASHTRAB. Jadi arrester level 1 adalah peralatan arrester yang diletakkan di sisi depan jaringan daya dan apabila terjadi kelebihan tegangan akan melepas tegangan lebih ke grounding.

Ada 2 tipe :
FLASHTRAB Compact Plus
1. Single-Phase
2. Two-Phase
3. Three-Phase
4. N/PE spark Gap
5. Replacement Connector

FLASHTRAB FLT-PLUS
1. Spark Gap with Quenching Aid
2. Encapsulated Spark Gap
3. N/PE Spark Gaps





FLASHTRAB Compact Plus
FLASHTRAB Compact Plus Price
1. Single-Phase
FLASHTRAB Single Phase+N
No. 2882682
FLT-CP-PLUS-1S-350
Neutral Conductor and earth Separate (N and PE)
Pluggable lighting current arrester, in acc. with type 1/class I/B for 1-phase power supply networks with separately installed PE and N (L1, PE, N).

No. 2882695
FLT-CP-PLUS-1C-350
Neutral Conductor and earth Combined (PEN)
Pluggable lighting current arrester, in acc. with type 1/class I/B for 1-phase power supply networks with combined PE and N (L1, PEN) installed in one cable.

3. Three-Phase
No. 2882640
FLT-CP-PLUS-3S-350
Neutral Conductor and earth Separate (N and PE)
Pluggable lighting current arrester, in acc. with type 1/class I/B for 3-phase power supply networks with combined PE and N (L1, L2, L3, PE, N).

No. 2882653
FLT-CP-PLUS-3C-350
Neutral Conductor and earth Separate (PEN)
Pluggable lighting current arrester, in acc. with type 1/class I/B for 3-phase power supply networks with combined PE and N (L1, L2, L3, PEN) installed in one cable.

4. N/PE spark Gap
No. 2859754
FLT-CP-N/PE-350
Encapsulated pluggable Class I arresters as N/PE spark gap with an ignition mechanism for triggering the sparkover voltage.

5. Replacement Connector
No. 2859913
FLT-CP-PLUS-350-ST
Type 1 / Class I / B arrester (lightning arrester) replacement plug for paths L-N and L-PEN, can be combined with FLASHTRAB compact series of products.

No. 2859686
FLT-CP-N/PE-350-ST
Type 1 / Class I / B arrester (lightning arrester) replacement plug for path N-PE, can be combined with FLASHTRAB compact series of products.







FLASHTRAB FLT-PLUS

FLASHTRAB FLT-PLUS
1. Spark Gap with Quenching Aid
Protection Level 900 V
No. 2818643
FLT-PLUS CTRL-0.9
Type 1 / Class I / B arrester (lightning current arrester) with arc chopping spark gap and ignition electronics, quenching plates for high mains follow-through current quenching capacity, 1-channel. Protection level: 0.9 kV. Housing width: 35 mm (2 Div.)

Protection Level 900 V
No. 2818960
FLT-PLUS CTRL-0.9/I
Type 1 / Class I / B arrester (lightning current arrester) with arc chopping spark gap and ignition electronics with control lamp, quenching plates for high mains follow-through current quenching capacity, 1-channel. Protection level: 0.9 kV. Housing width: 35 mm (2 Div.)

Protection Level 1,5 kV
No. 2818520
FLT-PLUS CTRL-1.5
Type 1 / Class I / B arrester (lightning current arrester) with arc chopping spark gap and ignition electronics, quenching plates for high mains follow-through current quenching capacity, 1-channel. Protection level: 1.5 kV. Housing width: 35 mm (2 Div.)

Protection Level 1,5 kV
No. 2818931
FLT-PLUS CTRL-1.5/I
Type 1 / Class I / B arrester (lightning current arrester) with arc chopping spark gap and ignition electronics, quenching plates for high mains follow-through current quenching capacity, 1-channel. Protection level: 0.9 kV. Housing width: 35 mm (2 Div.).

Protection Level 2,5 kV
No. 2818944
FLT-PLUS CTRL-2.5
Type 1 / Class I / B arrester (lightning current arrester) with arc chopping spark gap and ignition electronics, quenching plates for high mains follow-through current quenching capacity, 1-channel. Protection level: 2. kV. Housing width: 35 mm (2 Div.)

Protection Level 2,5 kV
No. 2818957
FLT-PLUS CTRL-2.5/I
Type 1 / Class I / B arrester (lightning current arrester) with arc chopping spark gap and ignition electronics with control lamp, quenching plates for high mains follow-through current quenching capacity, 1-channel. Protection level: 2.5 kV. Housing width: 35 mm (2 Div.)

Protection Level 4 kV
No. 2816386
FLT-PLUS
Type 1 / Class I / B arrester (lightning current arrester) with arc chopping spark gap, quenching plates for high mains follow-through current quenching capacity, 1-channel. Protection level: 4 kV. Housing width: 35 mm (2 Div.)



2. Encapsulated Spark Gap
Protection Level 900 V
No. 2817411 ~ 2817424
FLT 35 CTRL-0.9 ~ FLT 35 CTRL-0.9/L
Type 1 / Class I / B arrester (lightning current arrester) with encapsulated arc chopping spark gap and ignition electronics, 1-channel. Protection level: 0.9 kV. Housing width: 17.5 mm (1 Div.) ( /L: with Led)

Protection Level 900 V
No. 2856317
FLT 35/3+1 CTRL-0.9/I
Type 1 / Class I / B arrester (lightning current arrester) with encapsulated arc chopping spark gap and ignition electronics with control lamp, 4-channel for 3 + 1 circuit. Protection level: 0.9/ 1.5 kV. Housing width: 70 mm (4 Div.

Protection Level 1,5 kV
No. 2816894 ~ 2817437
FLT 35 CTRL-1.5 ~ FLT 35 CTRL-1.5/I
Type 1 / Class I / B arrester (lightning current arrester) with encapsulated arc chopping spark gap and ignition electronics, 1-channel. Protection level: 1.5 kV. Housing width: 17.5 mm (1 Div.) (/L: with Led

Protection Level 4 kV
No. 2838940
FLT 35-260
Type 1 / Class I / B arrester (lightning current arrester) with encapsulated arc chopping spark gap, 1-channel. Housing width: 17.5 mm (1 Div.)

 

 

 

Penangkal Petir Neoflash

Penangkal Petir NeoflashHead terminal Penangkal Petir NeoFlash adalah alat penerima sambaran petir yang berbasis kerja ESE ( Early Streamer Emission Lightning Conductor) atau istilahlainnya elektrostatic system, yakni ujung penerima petir dengan sistem kerja Mengumpulkan dan menyerap energi awan yang mengandung energi statik.

Ujung penerima NeoFlash bekerja dengan mengumpulkan muatan awan (energi statik) yang dihasilkan proses induksi elektromagnetis dan menghimpunnya . Bila muatan yang disimpan ini cukup besar kemudian melepasnya di ujung utama , akibat proses ini maka terminal mengeluarkan lidah api penuntun keudara (disebut streamer).

Setelah streamer tertembak ke udara dengan muatan netral akan memancing pengarahan sambaran dari petir , pada akhirnya mengarahkan Sambaran di satu titik dengan meniti jalur streamer kemudian Penangkal Petir Neoflash, menerima seluruh Hantaman energi petir dan menyalurkannya ke tanah melalui kabel penurunan, dengan demikian maka sistem ini akan menghilangkan kemungkinan kemungkinan sambaran liar dari akar akar petir



Dari tabel diatas akan tampak bahwa semakin Tinggi Posisi Terminal Neoflash dari Tinggi Areal sekitar maka akan menghasilkan Radius yang panjang

Penangkal Petir NeoFLASH
Head terminal NeoFLASH sangat cocok untuk Penangkal Petir Gedung bertingkat atau di install di lokasi yang memiliki areal luas sebab memiliki proteksi petir yang berfariasi dan cukup luas. semisal Kawasan Pergudangan , Pertambangan , Lapangan Golf etc.

Standart Tinggi Pemasangan
Terminal Penerima Petir Neoflash haruslah di pasang minimal lebih tinggi sejauh 3 mtr dari rata rata tinggi bangunan disekitarnya , hal ini sudah menjadi standart dari kerja perangkat ini. Bila pemasangan bisa lebih tinggi akan lebih baik sebab secara otomatis pengumpulan energi akan semakin terpusat yang akan menghasilkan radius perlindungan lebih besar.

Standart Kabel Pemasangan
Secara teknis penggunaan besar kawat penghantar 50 mm sudah mencukupi untuk menghantarkan arus petir , Bila memperbesarnya akan jauh kami sarankan sebagai bentuk antisipasi overload arus . Untuk daerah terbuka yang kurang pengawasannya atau rawan pencurian ( tower BTS ) kami menyarankan untuk menggunakan kabel Alumunium sebab kawat ini tidak laku di pasar loak.

Penggunaan penghantar berisolasi dan isolator berperisai induksi juga bisa dipakai ( NYY , Coaxial , HVSC ).

Standart Hambatan Grounding

Titik berat pembuatan grounding ada di nilai tahanan sebaran di sebuah lokasi , bila nilai hambatan grounding di bawah 5 ohm maka nilai ini sudah di anggap baik tapi bila diatasnya jelek. Material grounding bisa berbahan logam apa saja asal tahan korosi di daerah tersebut , tingkat korosif di sebuah lokasi berbeda beda . Daerah berkadar garam tinggi memiliki tingkat korosif yang sangat tinggi tetapi daya hantar listriknya sangat bagus. Penggunaan Pipa Galfanise Hotdif sudah kami buktikan akan mampu bertahan di kisaran 10 tahun pada lahan payau , bila menggunakan bahan dengan standart atas akan lebih baik ( kawat Tembaga , As Tembaga , Stailes )

8 Manfaat atau Kelebihan Penangkal Petir NeoFlash, yaitu :

  1. Lebih Estetik, di rancang oleh ilmuwan petir Indonesia dan Arsitek dari Jerman
  2. Mempunyai Unit Terminal yang Kokoh, di rancang agar tidak ada rongga yang menyebabkan masuknya air hujan sebagai penyebab korosi
  3. Bebas Perawatan, tidak ada Power Supply or Solar Cells, No Radio Aktif, discharge Current 150 kA
  4. Lebih Praktis, di rancang agar mempermudah kita dalam hal instalasi penangkal petir di lapangan
  5. Bahan Baku Berkualitas, bahan dan material untuk memproduksi penangkal petir NeoFlash adalah bahan dan material pilihan sesuai standar SNI dan IEC
  6. Lebih Ekonomis, dengan harga yang cukup bersaing bahkan jika di bandingkan dengan produk lain bisa lebih murah
  7. Di rancang khusus untuk daerah tropis yang cocok untuk di pasang di Indonesia
  8. Lebih terpercaya dan bisa diandalkan

 

 

 

Penangkal Petir Flash Vectron

Penangkal Petir Flash VectronPENANGKAL PETIR FLASH VECTRON
TYPE fv6
PRODUKSI INDONESIA
RADIUS : +/- 150 M
(UNTUK KETINGGIAN 20 M)

Penangkal Petir ini adalah Penangkal Petir yang di Produksi di Indonesia, Penangkal Petir ini juga merupakan penangkal petir lokal khusus daerah tropis yang paling berkualitas