Sales Online

Jakarta

+021-40492620

Surabaya

+031-2115 6777

URC

+082145559998

ANTI PETIR

Pentingnya Penangkal Petir Rumah Tidak memandang besar atau kecil sebuah rumah atau perusahaan keamanan menjadi s...
Pengaman PeTiR Pertama sebuah ide bahwa petir merupakan suatu listrik bermula dari seorang penulis seka...
PETIR Penangkal Petir dan Anti Petir mungkin itu adalah istilah yang sudah salah kapra...
Tiang Penangkal Petir Triangle Tiang Penangkal Petir Triangle adalah jenis menara yang dirancang  ringan, lent...
Kandungan Neutron Petir adalah mahluk yang ditakdirkan sebagai materi ciptaan ALLAH yang begitu he...

You are here:

Karakter Arus Petir di Penghantar

Sebelum membahas masalah Kabel Penangkal Petir , kita akan bahas terlebih dahulu karakteristik listrik petir ketika melewati sebuah konduktor penghantar .

Kita ketahui bahwa listrik petir memiliki tegangan luar biasa besar dapat mencapai 1 juta Volt saat menyambar dan tidak jauh berkurang tegangannya ketika melewati sebuah konduktor logam . Sambaran petir terjadi dalam bentuk impuls tunggal dan bisa diartikan sebagai tegangan DC ( searah ) yang ber arus dan tengan raksasa.

Sifat dari Tegangan yang besar adalah merambat di sisi permukaan penghantar sedangkan sifat dari arus yang besar merambat di inti penghantar , dari berbagai penelitian mengenai arus petir telah didapatkan bahwa dengan sebuah penghantar dengan luasan 50 mm sudah mencukupi untuk menghadang panas lebur dari arus petir walau secara standart untuk kabel dengan luas 50 mm hanya mampu mengalirkan arus di kisaran +/- 200  Ampere saja tetapi karena sifat sambaran adalah impuls tunggal maka beban leburnya akan berkurang maka dengan 50 mm luas penghantarnya akan cukup mampu.

Sedang sifat rambatan di sisi permukaan penghantarlah yang seringkali menjadi biang dari kerusakan perangkat elektronik , tegangan yang besar ini bisa liar hantarannya , mengenai logam struktur atau kabel instalasi lain , sifat sambaran yang liar ini diistilahkan Side Flashing teknis isolasi arus dan tegangan petir agar tetap berada di jalur yang di buat.

Sifat dari Secara umum kabel yang dibutuhkan dalam instalasi penangkal petir adalah kabel yang memiliki luas penghantar 50 mm (minimal), bila lebih besar  kemampuan penghantarnya maka akan lebih baik