• header1.jpg
  • header2.jpg
  • header3.jpg
  • header4.jpg
  • header5.jpg

You are here:

Susunan Instalasi Pada Penangkal Petir




Susunan Instalasi Pada Penangkal Petir

 


 Bagian-bagian dari Instalasi Penangkal Petir adalah :

  1. Spitch / penangkap petir (nomor 2)
  2. Spitch / penangkap ini berupa batang logam yang runcing dan harus dipasang di tempat-tempat yang paling besar kemungkinan terkena sambaran. Tempat-tempat tersebut adalah bagian-bagian gedung atau bangunan yang menonjol.
  3. Penyalur  turun (nomor 5)
  4. Penyalur ini menghubungkan spitch/penangkap dengan elektrode tanah dan harus dipasang sepanjang bubungan dan pinggiran atap gedung atau bangunan. Kemudian di sudut-sudut gedung atau bangunan, penyalur tersebut dipasang turun ke bawah menuju tanah.
  5. Penyambung (nomor 6)
  6. Penyambung ini dapat berupa sambungan yang dilas, diklem, dimur dsb, yang menghubungkan antara spitch/penangkap dengan kawat penyalur turun, antar kawat penyalur dan antara kabwat penyalur dengan elektrode tanah
  7. Penyambung ukur (nomor 7)
  8. Penyambung ini dipasang antara kawat penyalur turun dengan elektrode tanah dan dapat dilepas untuk mengukur tahanan pentanahan dari elektrode tanah.
  9. Pentanahan  Bagian pentanahan ini terdiri dari saluran pentanahan (nomor 8) dan elektrode tanah (nomor 9). Ada juga yang menghubungkan elektrode tanah- elektrode tanah tersebut menjadi satu kelompok secara permanen untuk memperkecil tahanan pentanahan.