• header1.jpg
  • header2.jpg
  • header3.jpg
  • header4.jpg
  • header5.jpg

You are here:

Cara Mengatasi Bahaya Sambaran Petir

Seperti yang telah dijelas di atas agar bangunan/gedung/rumah yang tinggi agar terlindungi dari sambaran petir mau tak mau harus dipasang instalasi penangkal petir. Jenis-jenis gedung/bangunan/rumah yang perlu diamankan terhadap sambaran petir antara lain yaitu :

  1. Gedung atau bangunan yang sangat tinggi
  2. Gedung atau bangunan yang letaknya terpencil di dataran terbuka
  3. Gedung atau bangunan dengan atap yang mudah terbakar
  4. Gedung atau bangunan yang menyimpan bahan-bahan yang mudah meledak atau mudah terbakar
  5. Gedung atau bangunan yang sering dikunjungi banyak orang, seperti gedung pertunjukan, tempat ibadah, supermarket, mall dsb.
  6. Gedung atau bangunan vital, seperti pusat pembangkit listrik, stasiun pengisian bahan bakar dsb.
  7. Gedung atau bangunan yang sulit diganti, seperti cagar budaya, gedung bersejarah, monumen dsb.
  8. Gedung atau bangunan yang menyimpan barang-barang berharga atau bersejarah yang sulit untuk diganti, seperti museum, perpustakaan, gedung arsip, bank dsb.

 Sedangkan untuk mengamankan peralatan listrik/elektronik rumah tangga yang berada di dalam rumah/gedung yang tidak dipasang instalasi penangkal petir sebenarnya cukup sederhana yaitu sebagai berikut :

  1. Jika terjadi hujan yang disertai kilatan petir dan suara geledek, sebaiknya perlatan listrik/elektronik tersebut dimatikan dan dicabut kabel stekernya dari sumber listrik PLN, hal ini perlu dilakukan agar peralatan listrik/elektronik tetap aman jika seandainya petir menyambar tiang/kabel listrik PLN, karena arus petir tidak dapat mengalir ke peralatan listrik/elektronik tersebut.
  2. Jika terjadi hujan yang disertai kilatan petir dan suara geledek, sebaiknya cabut kabel antena dari pesawat TV, hal ini perlu dilakukan agar pesawat TV tetap aman seandainya petir menyambar tiang/kabel antena TV, baik antena UHF maupun antena parabola.
  3. Pasang kabel arde/gound pada kulkas/refrigerator dan Air Conditioner (AC), hal ini perlu dilakukan agar jika terkenan sambara petir arus petir akan dialirkan ke tanah melalui kabel arde/ground yang telah dipasang, sehingga pesawat tersebut tetap aman.