• header1.jpg
  • header2.jpg
  • header3.jpg
  • header4.jpg
  • header5.jpg

You are here:

Harga Penangkal Petir

Biaya Pemasangan Penangkal Petir

Sebelum berbicara harga, sangat penting untuk memperhatikan seberapa mendesak kebutuhan penangkal petir itu sendiri. Maka pertimbangannya adalah:

 

1. tingkat kepadatan

Apakah lokasi pada tingkat kepadatan yang kecil/rendah, atau senada dengan ini adalah bangunan dengan ketinggian yang sendirian.

 

2. rawan petir

Apakah lokasi benar-benar rawan petir atau langganan petir.

Jika lokasi ada pada kriteria di atas maka berikutnya baru berbicara harga dari penangkal petir.

Sebetulnya menyinggung harga sebuah penangkal petir tentu akan bijak jika dibandingkan dengan akibat apabila tidak ada penangkal petir yang terpasang. Sudah tentu melihat kerugian yang timbul dari sambaran petir, berapapun harganya rasanya jauh sangat murah.

 

Lalu apa saja yang mempengaruhi harga penangkal petir :

1. Ujung penangkal petir (Head Terminal)

Ujung terminal (Head) ini merupakan bagian paling ujung pada puncak ketinggian dari sistem penangkal petir yang berfungsi menangkap aliaran listrik di udara yang berasal dari petir kemudian dialirkan melalui kabel penghantar menuju grounding. Head ini terdiri dari head radius dan konvensional.

 

2. Kabel Penghantar

Kabel  ini bagian dari sistem penangkal petir yang berupa kabel tembaga yang umumnya berjenis kabel kabel NYY yang sering digunakan dalam instalasi penangkal petir adalah ukuran penampang 70 mm dan 50 mm. Sebagaimana diketahui standarisasi untuk ukuran penampang kabel penghantar penurunan adalah minimal 50 mm, sehingga untuk pemilihannya disesuaikan dengan kebutuhan dan juga memperhatikan faktor biaya. Atau kebel lainya seperti kabel NYA, COAXCIAL, BC, atau Cooper Rod.

 

3. Grounding

Grounding merupakan istilah dalam kelistrikan, yang berrati pembumian yang berfungsi menghidari bahaya dari tegangan tinngi dalam kaitan ini adalah tegangan tinggi dari petir, 

Selebihnya itu hal yang mempengaruhi harga adalah kondisi lapangan yang melingkupi letak posisi instalasi, tekstur tanah yang variasi kadar air, kadar garam, tanah babatuan, tanah liat yang kesemuanya untuk memperoleh nilai tahanan atau resistensi yang standar yaitu 5 Ohm